Kamis, 03 April 2014

Family and City

Rangkuman seminar Tips Pola Pengasuhan Era Globalisasi

Di era globalisasi ini membuat kita sebagai keluarga harus bisa mengimbangi kemajuannya dan karena persaingan makin ketat kita setiap individu harus memperkuat diri dan fenomena itu adalah MDG (Millenium Development Growth). Fenomena ini mengacu pada pandangan Burns dalam ilmu psikologi, konsep diri merupakan pandangan dan sikap seseorang terhadap dirinya sendiri, baik buruk, karakteristik maupun motivasi. Konsep diri adalah bentuk keselarasan batiniah, bila batiniah individu kurang nyaman akan nampak pula pada perilaku dirinya. 

            Penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan anak menjadi sulit berkonsentrasi, egois, ingin menang sendiri, hingga menyebabkan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Tapi disisi lain ada beberapa hal yang harus dicermati :

1. Belajar dan Mengenal TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)
            Ada dua hal dari sini ada sisi negatif dan sisi positif, secara positifnya ada banyak hal yang bisa dilakukan denga mencari konten – konten seperti pengetahuan agama, perkembangan anak, keluarga, atau informasi – informasi yang menunjang pengembangan profesi. Tapi disisi lain ada negatifnya seperti konten porno, cyber bullying, dsb. So gunakanlah sarana in untuk hal yang positif.

2. Menyaring dan Menyeleksi Kontennya dan Melakukan Pendampingan
            Sebagai langkah pencegahan kita sebagai orang tua harus memperhatikan perkembangan si anak tentang teknologi dengan cara menyaring konten – konten yang membahayakan untuk anak. Lalu kita juga harus mendampinginya saat mereka sedang mengakses internet.

3. Kendalikan Waktu Akses, Ajak Anak Bermain dan Berinteraksi Tanpa Mesin 
             Membangun kedisiplinan dari pengaturan waktu akses dengan membuat kesepakatan dengan anak. Jangan lupa menyingkirkan gadget ketika berkumpul bersama keluarga agar interaksi secara optimal dapat terjadi. Upayakan untuk mengoptimalkan komunikasi manual dengan mereka, ajak mereka berdiskusi, berdialog, tanya jawab untuk membangun kultur komunikasi yang baik di keluarga.

4. Pelajari Apa yang Bermanfaat Dari Teknologi, Mulai dari Kita Sebagai Orang Tua   
              Disaat anak bertanya sesuatu jawablah dengan mengajak anak kita untuk belajar bersama, seperti disaat dia bertanya kita sebagi orang tua yang mengarahkan dia yang mencari dengan gadgetnya.


Kontrol Terhadap Beberapa Media
a. Internet
b. Games
c. Film/ Sinetron/ DVD   
d. Komik
e. Iklan

Perlunya Menumbuhkembangkan kemampuan anak seoptimal mungkin :
a. Learning to know
b. Learning to do
c. Learning to be
d. Learning to live together


Disarikan dari :
Buku "Tantangan Pendidikan Anak di Era Globalisasi" Pada tanggal 3 April 2014



2 komentar: