Rabu, 07 Mei 2014

Kapitalisme, Sosialisme, Sistem Ekonomi, Marxisme, Politik dan Demokrasi

Kapitalisme adalah sistem ekonomi di perdagangan, industri, dan alat - alat produksi dikendalikan oleh pemilik swasta dengan tujuan membuat keuntungan dalam ekonomi pasar.
Adam Smith adalah seorang tokoh ekonomi kapitalis klasik yang menyerang merkantilisme yang dianggapnya kurang mendukung ekonomi masyarakat.

Sosialisme adalah paham yang bertujuan membentuk negara kemakmuran dengan usaha kolektif yang produktif dan membatasi milik perseorangan.
Tokoh sosialisme yang paling terkenal adalah Karl Heindrich Marx (1818-1883). Diantara sekian banyak pakar sosialis, pandangan Karl Marx dianggap paling berpengaruh. Oleh karena itu, sosialisme yang dikembangkan oleh Marx memiliki predikat tersendiri, yaitu Marxisme. Tokoh-tokoh sosialisme sebelumnya disebut dengan sosialis utopis.
Dalam perkembangan sosialisme terdiri dari pelbagai macam bentuk seperti sosialisme utopia , sosialisme ilmiah yang kemudian akan melahirkan pelbagai aliran sesuai dengan nama pendirinya atau kelompok masyarakat pengikutnya seperti Marxisme-Leninisme ,Febianisme , dan Sosial Demokratis.

Sistem Ekonomi merupakan suatu proses penerapan yang berhubungan serta memiliki interaksi yang dapat dikembangkan oleh masyarakat dengan memiliki ciri dan identitas tersendiri.

Berikut ini macam-macam sistem ekonomi yang berlaku di dunia :

1. SISTEM EKONOMI TRADISIONAL
2. SISTEM EKONOMI KERAKYATAN
3. SISTEM EKONOMI LIBERAL
4. SISTEM EKONOMI TERPUSAT/SOSIALIS
5. SISTEM EKONOMI CAMPURAN (SOSIALIS DAN LIBERALIS)


Marxisme adalah sebuah paham yang mengikuti pandangan - pandangan dari karl marx. Marx menyusun sebuah teori besar yang berkaitan dengan sistem ekonomi, sistem sosial, dan sistem politik.
Marxisme adalah kata lain untuk sebuah filsafat yang bernama dialektika materialisme. Dialektika dan materialisme adalah dua filsafat yang dikembangkan oleh filsuf-filsuf Barat -- dan juga Timur, yang kemudian disatukan, disintesakan, oleh Marx menjadi dialektika materialisme.

Untuk memahami pokok-pokok Marxisme, kita bisa memecahkannya menjadi tiga bagian, seperti yang dipaparkan oleh Lenin, yakni:
-Materialisme Dialektis
-Materialisme Historis
-Ekonomi Marxis

Politik adalah teori, metode atau cara untuk bisa meraih apa yang dituju. Tapi juga proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

-politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
-politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
-politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
-politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

Demokrasi  adalah bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka.

Bentuk-bentuk demokrasi

Demokrasi langsung

Demokrasi langsung merupakan suatu bentuk demokrasi dimana setiap rakyat memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan. Dalam sistem ini, setiap rakyat mewakili dirinya sendiri dalam memilih suatu kebijakan sehingga mereka memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan politik yang terjadi.

Demokrasi perwakilan

Dalam demokrasi perwakilan, seluruh rakyat memilih perwakilan melalui pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka.

Disarikan dari

Pada tanggal 7 Mei 2014, disarikan dari 
Kapitalismeid.wikipedia.org
Pada tanggal 7 Mei 2014, disarikan dari Drs. Sri Agus, M.Pd. 18 April 2009, SOSIALISME SEBAGAI IDEOLOGI POLITIK serbasejarah.wordpress.com
Pada tanggal 7 Mei 2014, disarikan dari Pengertian sosialisme, matakristal.com
Pada tanggal 7 Mei 2014, disarikan dari Ivan purnawan, Macam - macam sistem ekonomi di Indonesiaberistatus.blogspot.com
Pada tanggal 7 Mei 2014, disarikan dari Politik, id.wikipedia.org
Pada tanggal 7 Mei 2014, disarikan dari Ted Sprague, 25 Juni 2011, 
Mengenal Dasar-dasar Filsafat Marxisme: Bagian I. Materialisme Dialektis, www.militanindonesia.org
Pada tanggal 7 Mei 2014, disarikan dari Demokrasi, id.wikipedia.org 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar