Kamis, 27 Februari 2014

What is Anthropology ?

What is anthropology ?

Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebudayaan suatu etnik tertentu, tradisi-tradisinya, keanekaragamannya dan juga dilihat dari fisik ataupun nonfisiknya. Antropologi berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos berarti manusia dan logos berarti wacana.

Berikut beberapa cabang dari antropologi :

A. Antropologi Fisik
1. Paleoantrologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan meneliti fosil-fosil.
2. Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengan mengamati ciri-ciri fisik.
B. Antropologi Budaya
1. Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia mengenal tulisan.
2. Etnolinguistik antrologi adalah ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia / bumi.
3. Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat suku bangsa di seluruh dunia.
4. Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.

Pengertian dari beberapa ahli :
William A. Haviland (1718-1784)

Menurut
William A. Haviland (1718-1784), Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.




koentjaraningrat (1923-1999)
Menurut Koentjaraningrat (1923-1999), Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.


Pada dasarnya antropologi memiliki keterkaitan antara sosiologi dan psikologi karena, dari ketiga ilmu tersebut sama-sama membahas tentang hubungan manusia dengan lingkungan, seperti psikologi mengkaji sikap-sikap dan perilaku manusia, lalu sosiologi mengkaji hubungan setiap individu dengan individu atau kelompok dengan kelompok ataupun individu dengan kelompok dan antropologi sendiri lebih terpada kebudayaannya yang beranekaragam dan hubungannya antar budaya.

Disarikan dari :

Pada tanggal 27 februari 2014, disarikan dari id.wikipedia.org, Antropologi
Pada tanggal 27 februari 2014, disarikan dari awalbarri.wordpress.com, Definisi pengertian antropologi, objek tujuan dan cabang ilmu antropologi 
Pada tanggal 27 februari 2014, disarikan dari antropolog.wordpress.com 

2 komentar:

  1. menurut saya artikel dan blog anda sudah bagus, coba tambahkan sedikit agar lebih lengkap. saya memberi nilai 80 untuk blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa lebih detail pertanyaannya
      dibagian mana yang perlu saya tambahkan
      untuk penilaian thanks

      Hapus