Minggu, 16 Maret 2014

History of Christian

SEJARAH AGAMA KRISTEN PROTESTAN Pengertian agama Kristen Protestan Agama Kristen mengandung arti “orang yang diurapi” yaitu orang yang digosok dengan minyak suci sebagai suatu upacara konsekrasi (pensucian).Jadi kata Kristen mengandung arti orang-orang yang telah dibaptiskan dengan perminyakan suci itu.Dengan pembaptisan tersebut orang telah diakui syah sebagai pengikut kristus (orang yang diurapi).Sesuai dengan kitab injil sebagai berikut:“… … … … dan tiada Engkau beri orang sucimu”. Dalam kalangan umat Kristen terdapat juga berbagai aliran dan golongan,yaitu bukan sedikit pula jumlahnya.Aliran-aliran itu timbul karena perbedaan faham tentang ketuhanan Tritunggal,tentang injil,dan tentang hak kekuasaan gereja dan pendeta yaitu salah satu nya adalah agama Kristen Protestan. 

Protestan adalah sebuah mashab dalam agama kisten.Mashab atau denominasi ini muncul setelah protes Martin Luther pada tahun 1517 dengan 95 dalilnya.Kata Protetan berarti 
Pro-testanum yang berarti kembali ke Injil(testanum).Pada tahun 2005,± 5,9%(14.276.459) dari 241.973.879 penduduk Indonesia beragama Protestan. Kristen Protestan memiliki 2 ciri khas yang paling menonjol,yaitu pembenaran karena iman,dan Asas Protestan.Dalam konsepsi Protestan,iman bukan sekedar masalah kepercayaan,yaitu diterimanya suatu pengetahuan sebagai hal yang pasti,tanpa perlu ada bukti.Iman adalah suatu tanggapan seluruh diri manusia,yang dalam kata-kata Emil Brunner disebut sebagai:”suatu keseluruhan tindakan dari seluruh pribadi.”Dengan demikian,iman menyangkut suatu gerak naik dari pikiran:khususnya suatu keyakinan akan kekutan kreatif tuhan yang tidak terbatas dan berada dimana-mana.

Berawal dari dunia Katholik yang memberikan kekuasaan yang begitu besar kepada Paus ternyata menimbulkan masalah. Terutama dari kalangan raja-raja yang merasa tersaingi khususnya dalam hal kekayaan. Disamping itu beberapa factor lain seperti factor ekonomi, politik, nasionalisme, paham individualism Renainsans, dan keperhatinan yang semakin meningkat terhadap penyalahgunaan wewenang gereja, semua itu memang peranan penting terhadap timbulnya perpecahan agama Roma Khatolik. Puncak krisis gereja Khatolik Roma adalah ketika Paus Leo X menganjurkan penjualan surat-surat penebusan dosa secara besar-besaran untuk mengisi kas gereja.

Anjuran Paus Leo X ini ditentang oleh seorang rahib bernama Luther (1483-1546 M). Dua tokoh lainnya yaitu Zwingli (1484-1531M), dan Jhon Calvin (1509-1564 M) mengikuti Luther untuk menentang gereja dengan mengadakan gerakan yang dikenal dengan “Reformasi”.

Reformasi Protestan adalah gerakan reformasi umat Kristiani Eropa yang menjadikan Protestantisme sebuah cabang tersendiri dalam Agama Kristen pada masa itu. Gerakan ini bermula pada 1517 tatkala Martin Luther mempublikasikan Sembilan Puluh Lima Tesis, dan berakhir pada 1648 dengan Perjanjian Westphalia yang meredakan Perang agama di Eropa.

Pengalaman spiritual yang pernah saya alami, disaat  saya masih berumur 11 tahun sekitar 8 tahun yang lalu kejadian yang pasti tidak diinginkan oleh semua orang adalah ditinggalkan oleh orang terkasih, disaat itu ibu saya meninggal karena penyakit yang dia derita, setelah beberapa lama dirawat di rumah sakit, ibu saya pun menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 26 mei 2006, awalnya saya bingung dan tidak mengerti tetapi disaat saya diberitahukan oleh ayah saya, saya sangat sedih dan sulit untuk berhenti menangis, saya selalu bertanya-tanya "mengapa Tuhan ? disaat saya masih membutuhkannya, engkau malah memanggilnya, mengapa ?" sulit menerima kepergiannya disaat itu, saya merasa hidup saya sudah tidak berguna, saya merasa putus asa, saya sudah jatuh terlalu dalam. Apa yang harus saya lakukan ? Bunuh diri ? Saya takut. Seiring berjalannya waktu saya mulai bangkit dan memupuk semangat baru, saya mulai mengerti apa tujuan hidup saya.

Kesimpulan dari apa yang saya lewati adalah segala sesuatu tidak bisa kita rencanakan sesuai dengan harapan kita selalu ada saja hal yang terlewatkan atau terlupakan, tapi ingat rencana Tuhan adalah rencana yang paling terbaik. Walau terkadang kita berpikir Tuhan tu tidak adil tapi ingat lah dibalik kejadian apapun itu pasti ada kebahagian yang tertanam didalamnya.


Disarikan dari :
Pada tanggal 16 maret 2014, disarikan dari Hiskia Sianipar, Mei 2013, Sejarah agama Kristen Protestan di dunia, blogsiantar4all.blogspot.com
Pada tanggal 16 maret 2014, disarikan dari June Kaseh, 9 November 2012, Sejarah agama Kristen Protestan, junekz.blogspot.com

2 komentar:

  1. artikelnya bagus :) jadi lebih tau tentang agama kristen :) bahwa banyak alirannya.saya kasih 86 deh :)

    BalasHapus