Rabu, 04 Juni 2014

Collonialism, Development, Cultural Exchange and Survival

Kolonialisme 

Kolonialisme adalah pengembangan kekuasaan sebuah negara atas wilayah dan manusia di luar batas negaranya, seringkali untuk mencari dominasi ekonomi dari sumber daya, tenaga kerja, dan pasar wilayah tersebut. Istilah ini juga menunjuk kepada suatu himpunan keyakinan yang digunakan untuk melegitimasikan atau mempromosikan sistem ini, terutama kepercayaan bahwa moral dari pengkoloni lebih hebat ketimbang yang dikolonikan.

Pendukung dari kolonialisme berpendapat bahwa hukum kolonial menguntungkan negara yang dikolonikan dengan mengembangkan infrastruktur ekonomi dan politik yang dibutuhkan untuk pemodernisasian dan demokrasi. 

Development 

Pengembangan: Filsafat


Sebuah filosofi intervensi adalah pembenaran ideologis untuk campur tangan dalam kehidupan penduduk asli, didasarkan pada asumsi bahwa seseorang memiliki cara yang unggul hidup atau berpiki


Masalah Terkait dengan Intervensi dan Pengembangan Sempit Fokus :

1.Situasi dianggap sebagai masalah yang dihasilkan dari gaya hidup pribumi mungkin sebenarnya akibat dari dampak sistem dunia pada gaya hidup itu.
2.Efek sistemik proyek pembangunan sebenarnya bisa berbahaya (misalnya, pajak, dan kenaikan sewa dalam menanggapi mengangkat pendapatan).
3.Ahli difokuskan secara sempit tidak mungkin untuk menyadari implikasi spektrum yang luas dari skema pembangunan.

Cultural Exchange and Survival

Kontak dan Dominasi

Peningkatan kontak antara budaya telah menciptakan kemungkinan meningkat untuk dominasi satu kelompok dengan yang lain , melalui berbagai cara .

Pengembangan dan Environmentalisme

Saat ini , dominasi paling sering datang dalam bentuk perusahaan multinasional berbasis -core menyebabkan perubahan ekonomi dalam budaya Dunia Ketiga .

Perlu dicatat bahwa gangguan bahkan bermaksud baik ( seperti gerakan lingkungan ) dapat diperlakukan sebagai bentuk dominasi budaya dengan populasi subjek .

Dua sumber budaya bentrokan :
- Ketika pembangunan mengancam masyarakat adat dan lingkungan (misalnya , Brazil dan New Guinea ) .
- Ketika hubungan eksternal mengancam masyarakat adat ( misalnya , Madagaskar , di mana peraturan lingkungan internasional menyapu mempengaruhi lifeways subsisten tradisional ) .

Perubahan Agama

Indiana Jones adalah simbol dari dominasi barat semua aspek budaya berdasarkan efisiensi teknologi khusus .

Homogenisasi agama adalah teknik yang sering digunakan oleh negara-negara berusaha untuk menundukkan kelompok dicakup oleh perbatasan mereka .

Variasi dalam Sistem Dominasi

Scott ( 1990) membedakan antara transkrip publik dan tersembunyi dari masyarakat budaya dan politik tertindas .

Transkrip publik mengacu pada terbuka , interaksi antara masyarakat yang dominan dan yang tertindas .

Tersembunyi transkrip mengacu pada kritik terhadap kekuasaan yang terjadi di luar panggung , di mana dominators tidak bisa melihatnya .

Gramsci ( 1971) gagasan hegemoni berlaku untuk sistem politik hirarkis dimana dalam ideologi dominan dari elite telah diinternalisasi oleh anggota kelas bawah .

Bourdieu ( 1977) dan Foucault ( 1979) berpendapat bahwa itu jauh lebih mudah untuk mengontrol pikiran orang daripada mencoba untuk mengendalikan tubuh mereka.

Disarikan dari :
Pada tanggal 4 Juni 2014, disarikan dari binusmaya tentang Colonialism and Development, Cultural Exchange and Survival. 
Pada tanggal 4 juni 2014, disarikan dari kolonialisme, id.wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar